ecommerce




ecommerce


Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa InggrisElectronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik sepertiinternet atau televisiwww, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdataatau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikatdiramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Sejarah perkembangan


Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokolserver khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce


Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Aplikasi bisnis


Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking/internet Banking
  • Product Digital/Non Digital
[Read More...]


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SMAN DI WILAYAH JAKARTA PUSAT BERBASIS ANDROID




Perkembangan Android di Indonesia sangat pesat hal ini dibuktikan dengan banyaknya produsen smartphone yang mengeluarkan produk  berbasis android seperti : Samsung, HTC, Sony Ericcson, dan sebagainya. Android dipilih karena berbagai macam alasan. Salah satu alasannya, android adalah sistem operasi yang opensource. Hal ini menjadikan banyak developer mengembangkan android sehingga android semakin berkembang pesat. 
Salah satu bidang aplikasi android adalah aplikasi yang menampilkan akses akses pemetaan. Dahulu Masyarakat hanya melihat informasi peta dalam bentuk media cetak seperti atlas, peta daerah dan sebagainya. Dengan semakin berkembangnya tekhnologi maka pengguna atau pencari informasi dapat memperoleh informasi pemetaan secara  online melalui smartrtphone. Memperoleh informasi pemetaan melalui smartphone tidak hanya lebih cepat tetapi juga lebih efisien dibandingkan jika masyarakat harus memperoleh informasi tersebut pada komputer ataupun notebook.
Hal itulah yang membuat banyak pengembang mengembangkan suatu sistem pemetaan yang dikenal dengan system informasi geografis berbasis Android. Banyak pihak mengembangkan GIS pada berbagai macam bidang salah satunya adalah GIS tentang pemetaan sma negri di wilayah jakarta pusat. Hal tersebut tentunya sangat membantu masyarakat dalam mengetahui alamat, nomor telepon dan lokasi pada map mengenai instansi tersebut.
Dengan berdasarkan hal tersebut maka penulis mancoba membuat suatu SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SMA NEGERI DI WILAYAH JAKARTA PUSAT BERBASIS ANDROID, yang diharapkan dapat membantu penggguna dalam pengaksesann informasi mengenai sekolah sma negri yang dibutuhkan pada saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau keperluan lainya.


Screen shot aplikasi :























[Read More...]


 

Categories

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors