TUGAS IBD MANUSIA DAN CINTA KASIH

Nama : EDI SUSANTO

Kelas : 1IA11

NPM : 53409002

Komentar

Manusia memang tidak dapat dipisahkan dengan cinta kasih. Sebab sejak awal kemunculan manusia, cinta kasih telah mengikuti kemanapun manusia itu berjalan. Cinta kasih merupakan suatu perasaan dasar manusia yang amat kuat dan penting. Sebab, tanpa cinta kasih, manusia tak lebih dari sekedar makhluk buas yang datang hanya untuk menghancurkan dunia.

Cinta kasih memiliki pengertian dan arti yang beragam. Tergantung darimana manusia itu memandang cinta kasih. Pada dasarnya cinta kasih memiliki pengertian sebagai rasa suka dan sayang terhadap seseorang disertai dengan rasa belas kasihan. Dalam beberapa hal, cinta kasih memiliki tiga unsur yang jika satu saja tidak terpenuhu, maka rusaklah atau tidak sempurnalah cinta kasih tersebut. Ketiga unsur tersebut ialah keterkaitan, keintiman dan kemesraan.

Cinta yang merupakan baigan dari cimta kasih memiliki bagian yang mendalam, maka dari itu terdapat tiga bagian dari cinta yaitu cinta tingkat tinggi, cinta tingkat menengah dan cinta tingkat menengah. Cinta tingkat tinggi meruakan cinta terhadap Allah SWT, Rasulullah dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah yaitu cinta terhadap orang tua, saudara, isteri/suami, anak dan kerabat. Sedangkan cinta tingkat rendah adalah cinta yang lebih mengutamakan orang tua, kerabat, harta dan kekayaan setra jabatan.

Dalam kehidupan manusia, cinta muncul dalam berbagai bentuk. Kadang mencintai dirinya sendiri, kadang mencintai orang lain, ister dan anak atau juga Allah dan Rasulnya. Beberapa bentuk cinta ini dapat kita temui dalam kitab suci Al-Quran :

· Cinta Diri

· Cinta kepada sesama manusia

· Cinta seksual

· Cinta kebapakan ( Orang Tua)

· Cinta kepada Allah

· Cinta kepada Rasul

Sedangkan kasih atau kasih sayang merupakan rasa suka, rasa cinta dan perasaan sayang terhadap seseorang. Kasih lebih berperan pada bagian luar, sehingga kasih bersumber dari cinta yang mendalam dan diwujudkan secara nyata.

Pada dasarnya, kasih sayang merupakan bentuk komunikasi untuk orang yang disayangi. Bisa berupa perhatian, nasihat, rasa peduli, cenburu dan masih banyak lagi bentuk kasih sayang yang sebenarnya sulti untuk dijelaskan secara detail. Rasa kasih sayang juga bukan hanya ditujukan kepada lawan jenis. Tapi dapat pula ditujukan oleh saudara, orang tua, kerabat dan sahabat.

Namun cinta dan kasih sayang bukan merupakan hal yang sempurna. Masih banyak kekurangan-kekurangan dalam cinta khusunya cinta terhadap lawan jenis. Kesempurnaan dalam cinta hanya ditemukan pada cinta kepada Allah dan Rasulnya. Namun cinta terhadap sesama masih banyak kecacatan dan ketidaksempurnaan yang amat susah diperbaiki. Karena jika cinta itu sempurna, kenapa masih banyak yang menagis karena cinta??

Sekian.

Contoh Manusia Dan Cinta Kasih

Kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya dengan cara memberi masukkan, nasihat dan saran agar anaknya menjadi orang yang mandiri dan dapat dibanggakan.

Cinta kasih yang diberikan seorang ibu terhadap anak-anaknya yang tak kenal lelah dan tak kenal henti.

Cinta kepada pasangan yang diwujudkan dengan rasa saling peduli, perhaian yang diberikan dan keintiman serta kemesraan yang ditimbulkan.
0 komentar


Responses

0 Respones to " "

Posting Komentar

 

Categories

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors